Senin, 16 September 2013

Apaka VGA


Beberapa kata VGA sering kali kita dengar di mana mana, namun dengan beberapa maksud yang berbeda.

Misalka, ketika kita sedang berada di toko handphone, kadang kadang pembeli menanyakan ini kameranya berapa MP (Mega Pixel), kemudian pedaganggnya bilang "ooh ini kameranya baru VGA". Dalam hal ini pengertian VGA adalah gambar yang dihasilka tiap jepretan kamera berukura 640x480px atau biasa di sebut VGA.

Jika dilihat dari aslinya VGA adalah Video Graphic Array atau biasa disebut Video Graphic Adapter, VGA versi ini merupakan sebuah stansar untuk tampilan komputer analog yang di keluarkan oleh IBM di tahun 1987. Bahkan hingga saat ini tampilan untuk Windows masih menggunakan standar VGA karena didukung oleh banyak perangkat hardware dan Software yang beredar saat ini.

Kemudian Ada lagi VGA Card, yaitu sebuah Chip VGA yang di tanam pada komputer baik itu chip vga yang menyatu dengan mainboard ataupun yang di tambahkan ke main board melalui slot ekspansi dinamakan VGA Card.

Ada juga Slot VGA, ini adalah sebuah tempat untuk menancapkan konektor, standarnya slot VGA memiliki 15 lubang pin.

Menggunakan VGA
Pada intinya dalam penggunaan VGA ini berguna untuk menampilkan di monitor hasil printah printah dari komputer.

Penggunaannya, komputer harus sudah memiliki VGA Card atau VGA yang onboard pada mainboard dan memliki keluaran Slot VGA 15 Pin. Untuk menghubungkan ke monitor di perlukan Sebuh Kabel VGA dengan konektor male to male.
Sambungkan Komputer dan monitor dengan menggunakan kabel vga male to male maka jika komputer dinyalakan, normalnya layar monitor juga akan menyala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar